BPP Woja Jln. Lintas Wawonduru Kec. Woja Kabupaten Dompu, Tempat Berkumpulnya Para Penyuluh Pertanian dan Tempat Konsultasinya Pelaku Utama

Kamis, 28 Desember 2023

PENGAIRAN DAN IRIGASI MELON USIA 5 HST.

 MADISTA MELON



Usia 5 HST merupakan masa pertumbuhan bagi tanaman. Pada usia ini tanaman melon membutuhkan suplai nutrisi yang cukup bagi pertumbuhan tanaman. 

Nutrisi yang cukup diharapkan dapat memperbanyak perakaran, memperbesar batang dan memperbanyak percabangan. 

Selain nutrisi, juga memerlukan air yang cukup sesuai dengan kebutuhan tanaman. 

Berbagai referensi yang saya baca, bahwa tanaman melon pada masa pertumbuhan membutuhkan air sebanyak 700 ml pertanaman, Sedangan untuk kebutuhan nutrisinya berada pada kepekatan 750 PPM. 


Pada Kaji Terap yang saya lakukan di green house, jumlah tanaman melon sebanyak 84 polybag, menggunakan sistem irigasi cerdas *smart irigation*. 

Pembahasan tentang Irigasi nya kita bedah dilain kesempatan

Perlakuan pada melon ini kita akan bagi kedalam 4 tahap pengairan. 

Tahap 1 

1 - 13 HST, kebutuhan airnya sebanyak 700 ml dengan kepekatan nutrisi berada pada kisaran 600 PPM dan frekuensi penyiraman sebanyak 10 kali dalam 1 hari. 

Kebutuhan nutrisi nya pada tahap 1/masa pertumbuhan, sebanyak 12% nitrogen dan 60% Phospat

Kajian ini bertujuan untuk menguji apakah perlakuan tersebut sesuai dengan referensi dimana pada kajian tersebut mampu menghasikan produksi melon terbaik. Sehingga mampu memberikan keyakinan kepada kami sebagai PPL sebelum mentrafer pengetahuan dan teknologi kepada petani di wilayah binaan. 


1 komentar: