BPP Woja Jln. Lintas Wawonduru Kec. Woja Kabupaten Dompu, Tempat Berkumpulnya Para Penyuluh Pertanian dan Tempat Konsultasinya Pelaku Utama

Minggu, 22 November 2020

PENINGKATAN PSK PETANI MEMANFAATKAN METODE PENYULUHAN

 P3RAN DISTANBUN DOMPU DAN BPP WOJA  DALAM UPAYA P3NINGKATAN PSK  PETANI

DISTANBUN DOMPU melalui BPP WOJA dalam melaksanakan fungsi penyuluhan pertanian  dengan menerapkan demplot budidaya tanaman sayur dan buah.                 Demplot merupakan bagian dari metode penyuluhan pertanian yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan menunbuhkan minat petani agar mau mencoba melakukan budidaya tanaman sayur maupun buah.

Puncaknya pada tanggal 19 november 2020 BPP WOJA melaksanakan Mini Expo. Produk2 yang ditampilkan semuanya merupakan produk dari hasl kegiatan demplot pada lahan percontohan. Melon, semangka, timun, tomat, buncis, kacang panjang, pare, gambas, tomat, buncis kamgkung, sawi caisim, pakchoy sawi pagoda hingga selada diserbu pengunjung. 


Ini menandakan bahwa peluang usaha di sunsektor horti sangat menjanjikan. Pengetahuan petani dan masyarakat mengalami peningkatan walopun peningkatannya belum terukur perse tase kenaikkannya, minat usaha pun mulai memperlihatkan tanda akan adanya peningkatan. Hal tersebut dapat kita amati bagaimana respon petani dengan memperlihatkan rasa ingin taunya melalui diskusi dan interaksi baik sebelum expo maupun psca expo. 


Peningkatan pengetahuan dan pertumbuhan minat mudah-mudahan akan berlanjut pada tahap adopsi untuk mencoba bercocok tanam. Jika. Hal tersebut terlaksana, berarti penerapan demplot sukses gemilang. 


Semoga harapan tersebut dapat terwujud demi kemandirian pangan sebagai upaya memperkuat bangsa dalam mewujudkan ketahanan nasional. 


#savepenyuluh

#BPP_WOJA_HIDROFARM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar